Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Tingkatkan Disribusi Air Bersih ke Masyarakat

Gambar

TANJUNG REDEB –

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat, pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan inovasi mulai dari sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) dan Sambungan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di beberapa wilayah kecamatan Kabupaten Berau.

Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Rusdi mengatakan, untuk saat ini pihaknya tengah bekerja sama dengan Perusaahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah guna memberikan sambungan air ke rumah-rumah warga dengan melakukan pemetaan wilayah.

“Dari pemetaan di lapangan itu kita akan tahu wilayah serta kampung mana yang perlu dibangunkan fasilitas baru atau memaksimalkan fasilitas yang sudah ada. Setelah itu semua berjalan barulah dari PDAM mendata rumah-rumah yang akan diberikan sambungan air,” jelasnya di ruang kerja (29/05).

Tak hanya itu, hal yang yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah dari segi prioritasnya maupun sumber air yang ada di lokasi. Sebab, kata Rusdi untuk membangun fasilitas air bersih, faktor utama yang menjadi perhatian adalah sumber air yang digunakan untuk didistribusikan ke masyarakat.

“Keberadaan sumber airnya juga itu sangat penting, intinya wilayah ataupun kampung itu harus ada sumber airnya, kalau tidak ada sulit bagi kita untuk merealisasikan,” ungkapnya.

Untuk saat ini pihaknya juga tengah melakukan pekerjaan sarana air bersih perkotaan tahap ke-4. Dimana pelaksanaan ini sendiri sudah digarap mulai tahun 2017 hingga 2019 tahun ini, seperti yang berada di daerah Limunjan yang terdahulu dikerjakan di tahap ke-3 oleh PT Adikarya.

“Jadi untuk yang ada di daerah Limunjan itu kita upayakan seluruh rumah terealisasi. Sedangkan, untuk daerah lain khusus lingkup perkotaan Tanjung Redeb dan sekitarnya itu kita akan lakukan pengembangan agar dapat langsung terkoneksi dengan IPA yang ada di daerah masing-masing,” pungkasnya.(bangun banua)