Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Jalan Kasai – Teluk Semanting Mulai Digarap

Gambar

TANJUNG REDEB

Akses penghubung atau jalan antar kampung terus digenjot pengerjaannya oleh Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Kali ini jalan penghubung Kampung Kasai ke Teluk Semanting di Kecamatan Pulau Derawan sudah dalam proses pengerjaan, bahkan sudah mencapai 35 persen.

Untuk panjang jalan yang dikerjakan adalah sepanjang 4.542 meter. Yang mulai dikerjakan sejak 4 Maret 2019 lalu, dan akhir masa pengerjaannya adalah 29 Oktober 2019. Dengan kata lain, untuk penggarapan jalan tersebut memakan waktu selama 240 hari kalender.

“Saat ini sudah dalam tahap clearing atau pembersihan dan penimbunan badan jalan. Tetapi mudahan bisa selesai sesuai target dan tidak ada kendala,” jelas Pejabat Pembuat Komitmen DPUPR Berau, Ammar Fanani ST,MT  akhir pekan lalu.

Sedangkan untuk pelebaran jalan yang dilakukan berupa timbunan pilihan sepanjang 10 meter, soil semen (hasil pencampuran tanah, semen dan air, yang dengan tingkat pemadatan tertentu akan menghasilkan suatu campuran material baru) sepanjang 8 meter, serta aspal AC-BC sepanjang 6 meter. Untuk diketahui, soil semen dipilih karena  kekuatannya, karakteristik ketahanan terhadap air, panas dan pengaruh cuaca lainnya adalah sangat baik sebagai suatu lapis pondasi bawah dari struktur perkerasan jalan.

Dengan adanya jalan tersebut yang nantinya diharapkan akan dapat memudahkan aktivitas masyarakat khususnya untuk perkembangan pariwisata nantinya. Akses jalan yang dibuka tentunya akan dapat menghemat waktu tempuh perjalanan wisatawan ke objek wisata.

Akses jalan sendiri memang menjadi prioritas pemerintah khususnya jalan yang menjadi alternatif bagi para wisatawan agar lebih mudah menjangkau tempat wisata.

“Juga diharapkan bisa memudahkan mobilitas masyarakat, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga jika jalan tersebut sudah selesai dikerjakan,” tambahnya.

Tak hanya di sepanjang Kecamatan Gunung Tabur hingga Kecamatan Pulau Derawan saja. Sebelumnya, DPUPR Berau juga sudah menyelesaikan pengerjaan poros jalan Kampung Tumbit Melayu Kecamatan Teluk Bayur yang ditingkatkan dan dilengkapi dengan gorong-gorong guna menghindari luapan air sungai Kelay ketika musim penghujan yang dapat menyebabkan banjir.  

Selain itu, pembangunan jalan dari Kampung Samburakat hingga Kampung Sambakungan di Kecamatan Gunung Tabur juga telah dituntaskan. Akses penghubung antar kampung yang berada di dua kecamatan ini juga bakal menjadi akses alternatif pariwisata dari Kota Tanjung Redeb menuju Kampung Tanjung Batu yang menjadi pintu gerbang pariwisata bahari di Bumi Batiwakkal. (Bangun Banua)