Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Stadion Olympic dan Arena Road Race di Berau

Gambar

Tanjung Redeb –

Rencana pembangunan stadion sebagai lokasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022 nanti dimana Berau menjadi tuan rumahnya, sudah memasuki tahap pembuatan desain stadion. Stadion yang dibangun ini  akan dipergunakan sebagai tempat pertandingan sekaligus juga untuk defile atau upacara pembukaan Porprov.

Ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (11/7), Kepala Bidang Pengembangan Pemukiman, Penataan Bangunan dan Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Ismiyanto menjelaskan jika persiapan pembangunan stadion mini di lahan seluas 4 hektar itu di 2019 ini start poinnya adalah perencanaan pembangunannya dulu.

“Khusus yang dibangun di Teluk Bayur, di lokasi yang sudah ada yakni lapangan sepak bola yang dibuat oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau adalah stadion olympic mini. Kenapa stadion olympic? Karena selain ada lapangan sepak bolanya, juga ada area untuk perlombaan cabang olahraga atletik seperti lari, lempar lembing, loncat indah, tolak peluru dan lainnya,” jelasnya.

Untuk stadion yang dibangun adalah stadion type C yang berkapasitas 5 ribu sampai 10 ribu orang termasuk didalamnya jumlah atlet dan penonton. Tak hanya itu, akan ada juga fasilitas umum lainnya seperti area parkir, ada juga area untuk kegiatan senam bersama dan lainnya. Ini dimaksudkan untuk menjamu beberapa perwakilan dari Kabupaten/Kota di Kaltim yang mengikuti Porprov ini.

Diakui Ismiyanto, saat ini pun proses Detail Enginering Design (DED) yang ada masih bisa saja berubah menyesuaikan kondisi tanah yang akan dipergunakan untuk bangunan stadion. Dimana untuk target selesai desainnya yakni sebelum Desember 2019.

“Nanti pembangunan fisik stadionnya di tahun  2020 mulai dikerjakan, atau bisa juga kalau dimasukkan dalam Anggaran Belanja Tahunan (ABT) dengan bentuk Multi Years Contract (MYC). Jadi kontraknya di 2019 tapi bentuknya MYC. Ini masih mengikuti Bapelitbang apakah pembangunannya masuk MYC atau murni. Kalau murni kontraknya di 2020 sudah mulai pengerjaan,” paparnya.

Dan ditambahkan Ismiyanto, ke depannya juga ada rencana untuk menambah di sisi kanan dengan mengambil sekitar 3 atau 4 hektar untuk dibuat arena road race seperti permintaan dari Bapelitbang. Ini untuk mengakomodir balapan yang sering dilakukan remaja di jalanan atau yang sering digelar di Kakaban Aquatic, yang menggunakan badan jalan untuk jalur tracknya. (Bangun Banua)

Berita Terbaru

Berita Terpopuler