Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Bangun Stadion Mini di Teluk Bayur

Gambar

Tanjung Redeb-

Kabupaten Berau sebagai daerah yang dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) dan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov), seharusnya Kabupaten harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya yakni dimiliki yakni stadion.

Bak gayung bersambut, salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah turnamen olahraga tingkat provinsi tersebut langsung direspon Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Karena itu Pemkab Berau berencana membangun stadion mini yang berkapasitas antara 5.000 hingga 10.000 penonton.

Menurut Kepala Bidang Pengembagan Pemukiman, Penataan Bangunan dan Jasa Kontruksi , DPUPR Berau, Ismiyanto S.T M.T rencana pembangunan stadion mini tersebut berlokasi lapangan bola di Jalan Stasiun, Teluk Bayur yang luasan lahannya tersedia 4 hektare. “ Kebetulan lapangan bola itu dulu dibangun oleh Dispora, dan lahannya itu aset daerah, sehingga tidak perlu lagi kita lakukan pembebasan lahan,” Jelas Ismiyanto.

Dijelaskan pula, bahwa tahun ini proses pembangunan stadion mini tersebut memasuki tahap perencanaan, yang dialokasikan melalui APBD murni tahun 2019. “ Insya allah tahun 2020 proses pembangunanya. Karena kapasitasitasnya luas dan kompleks, maka proses pembangunannya membutuhkan lebih dari satu tahun anggaran, dan pembangunan stadion mini ini melalui sistem multiyears contract (MYC),” Ujarnya.

Lebih lanjut Ismiyanto menjelaskan, pembangunan stadion mini ini tidak hanya untuk persipaan Berau sebagai tuan rumah Porprov dan Popprov, untuk azas kemanfaatannya nanti untuk pengembangan atlet berbagai cabang di Kabupaten Berau, mengingat saat ini sarana dan prasarana untuk kebutuhan atlet Kabupaten Berau sangat minim.

Karena itu, sambung Ismiyanto, pembangunan stadion mini itu nanti akan dilengkapi dengan kantor sehretariat masing – masing cabang olah raga, dengan harapan kedepan dapat dilaksanakan even – even lokal, untuk menjaring bibit – bibit atlet lokal yang berbakat, yang kemungkinan saat ini belum nampak.

“ Disisi lain, dengan terbangunnya stadion ini, nantinya para atlet bisa dilakukan pembinaan secara berkelanjutan dimasing – masing cabang olahraga. Baik itu atlet sepak bola, volly, renang, lari marathon, loncat indah, lempar lembing dan cabang olah raga lainnya. Sehingga untuk menghadapi even – even yang akan diikuti para atlet bis lebih siap, baik secara fisik maupun mental,” Urainya.

Oleh sebab itu Ismiyanto juga besar harapannya dengan terbangunnya stadion mini itu nanti prestasi atlet – atlet Bumi Batiwakkal makin meningkat, baik tingkat provinsi, nasional hingga ke tingkat internasional. Pungaksnya. (bangun banua)