Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

DPUPR Terus Percantik Bantaran Sungai

Gambar

Tanjung Redeb  -

Penataan sejumlah bantaran sungai di Kabupaten Berau yang dilakukan Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Tahun ini program penataan bantaran sungai terus berlanjut. Hal ini untuk meminimalisasi pembuangan sampah ke sungai dan membuat aliran sungai berjalan dengan baik.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Berau, Dahry S.T mengatakan, penataan bantaran sungai Kelay dan Sungai Segah tersebut akan memberikan banyak manfaat dalam upaya menanggulangi ancaman banjir di kawasan bantaran sungai, sekaligus mengantisipasi terjadinya abrasi yang lebih parah. “Bukan hanya itu, saat terjadi air pasang besar, apa lagi disertai hujan jalan Yos Sudarso menjadi tempat penampungan air sungai,” katanya.

Karena itu DPUPR akan melanjutkan penataan bantaran sungai Segah mulai tepian Jalan Yos Sudarso hingga ke pinggiran Jalan PD Guna, Tanjung Redeb. Sebab menurut dia, sepanjang jalan tersebut harus segera diturap, sebelum kondisi sepanjang jalan itu semakin parah karena tergerus abrasi.

Sedangkan penataan lainnya juga dilakukan oleh DPUPR adalah penataan pemukiman yang ada di Jalan Yos Sudarso hingga Jalan PD Guna. “ Untuk sementara waktu di sepanjang jalan tersebut, karena disesuaikan dengan angagaran yang ada. Yang jelas menurut rencana Jalan Milono di pemukiman dibibir sungai akan dilakukan penataan bantaran sungai dan penataan pemukimannya,” ungkapnya.

Menurut Dahri, tahun ini sudah ada agenda untuk melanjutkan penataan sejumlah bantaran sungai dengan penggunaan dana APBD murni. Bantaran sungai yang akan ditata kembali, yakni melanjutkan penataan bantaran sungai Segah.

Selain itu, bantaran sungai Segah, juga akan menjadi agenda penataan tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan bantaran sungai yang lebih bersih dan indah.

Karena sejumlah bantaran sungai sebagian sudah ditata dengan rapi, dengan cara dilakukan penurapan. “ Sehingga tidak hanya mempercantik sepanjang bantaran sungai, tetapi juga memberikan rasa aman kepada masyarakat. Sebab, jika tidak dilakukan penurapan, lambat laun abrasi semakin mengancam keselamatan keselamatan warga yang bermikim di pinggir bantaran sungai,” Jelasnya.

Rencana kedepan nanti sepanjang bibir sungai Segah yang ada di Jalan Yos Sudarso hingga PD Guna akan dilakukan pemasangan paving, dipadu dengan hiasan taman, batu, juga dilengkapi lampu taman. “Penataan berupa pemasangan paving dan batu di sisi bantaran ini untuk menghilangkan kesan sungai yang kumuh, angker dan jorok menjadi sesuatu yang menarik, indah dan bersih, seperti di sepanjang Jalan Pulau Derawan dan Jalan Ahmad Yani Tanjung Redeb” pungkasnya. (bangun banua)