Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Perbup IMB, SLF dan TAGB Disosialisasikan

Gambar

Tanjung Redeb –

Guna memberikan pengawasan, pembinaan, pengaturan dan pengendalian penyelenggaraan bangunan gedung agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat, Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), mengadakan sosialisasi penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) penyelenggaran bangunan gedung Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

“Dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan seperti ini misalnya untuk pendirian bangunan memang dibutuhkan aturan daripada teknis itu sendiri, agar seiring dengan peraturan perundang – undangan. Selain itu juga agar masyarakat luas dapat memahami aturan-aturan tentang penyelenggaraan bangunan gedung di Kabupaten Berau,” terang Asisten III, H Mansyah Kelana yang juga membuka sosialisasi di ruang Kakaban Sekretariat Pemkab Berau pada Rabu (9/10) pagi.

Dalam sosialisasi itu, DPUPR juga melakukan sosialisasi pembentukan Tim Ahli Bangunan Gedung (TAGB), dengan menghadirkan dua nara sumber, yakni Ir Dimas Bintang Derajat dan Ir Basuki dari Balai Prasarana Permukiman (BPP) Wilayah Kaltim.

“DPUPR beberapa waktu lalu sudah menyerahakan sebagaian kegiatan – kegiatan yang disematkan oleh Kementerian Dinas Pekerjaan Umum kepada bupati atau walikota. “Kegiatan – kegiatan tersebut salah satunya terkait PDAM penyediaan sarana air bersih. Harapan kami mudah – mudahan semua kegiatan – kegiatan itu diserahkan kepada Pemerintah Daerah, khususnya infrastruktur jalan. Silahkan pemerintah pusat maupun provinsi membuat jalan, tapi pemeliharaan biar kami yang kerjakan, karena untuk memohon perbaikan yang tidak seberapa waktunya cukup lama, padahal Pemerintah Daerah siap melakukan perbaikan,” ungkap Mansyah kepada BPP.

Mantan Kepala Diskoperindagkop ini juga menjelaskan, Penyelenggaraan bangunan gedung perlu diatur dan dibina untuk mewujudkan bangunan gedung yang andal, berjati diri budaya lokal yang kreatif, serasi, dan selaras dengan lingkungannya. Oleh karena itu, pengaturan bangunan gedung harus mengacu peraturan perundang-undangan untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung.

“Dengan memahami peraturan yang ada nantinya, kita dapat lebih mudah dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian pembangunan di Kabupaten Berau. Sehingga dapat terwujudnya bangunan- bangunan yang menjadi cerminan wajah Kabupaten Berau andal, smart, dan serasi dengan lingkungannya,” harapnya.

Oleh sebab itu Mansyah juga berharap dengan adanya pembentukan TAGB dalam sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman intisari tentang peraturan bangunan gedung ini baik persyaratan administratif maupun persyaratan teknis, untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung. Juga memberikan dampak positif kepada masyarakat luas.

Sosialisasi ini dihadiri Sekretaris DPUPR, Ir Nanang Bakran, Kepala Bidang Pengembangan Pemukiman, Penataan Bangunan, dan Jasa Kontruksi, (DPUPR) Berau, Ismiyanto S.T. M.T serta perwakilan dari dinas instansi terkait. (bangun banua)