Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Tinggal 1 Kecamatan, Pemasangan PJU-TS Sudah 80 Persen

Gambar

Tanjung Redeb –

Tak hanya penerangan listrik rumah warga yang menjadi sasaran program LTSHE (Listrik Tenaga Surya Hemat Energi), akses transportasi yakni jalan juga mendapat bagian dalam program ini. Di Berau, hampir semua kecamatan mendapatkan PJU-TS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya). Selesai dikerjakan 80 persen, hanya tinggal Kecamatan Biatan yang belum menikmati PJU-TS ini.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau yang mengerjakan program ini, sebanyak 150 tiang PJU-TS tersebar di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Redeb, Segah, Gunung Tabur, Sambaliung, Tabalar dan Biatan. Dan pengerjaan pemasangan sudah dilakukan sejak 3 bulan lalu.

Pemasangan PJU-TS ini merupakan salah satu penyediaan energi terbarukan yang dikembangkan Kementerian ESDM. Berupa lampu penerangan menggunakan cahaya matahari, sebagai sumber energi listriknya, yang cocok digunakan untuk menerangi jalan yang belum terjangkau listrik PLN. Dan daerah krisik listrik seperti daerah terpencil.

Pada tahun 2018, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi  (Ditjen EBTKE) membagikan PJUTS di 25 Provinsi se-Indonesia. Dengan jumlah 21.789 titik. Di Kaltim dialokasikan sebanyak 325 titik. Dengan adanya PJU-TS ini, diharapkan penggunaannya dapat menjadi solusi pemanfaataan energi baru dan terbarukan, dalam bentuk energi matahari yang diubah menjadi energi listrik melalui proses ramah lingkungan. Karena tidak menghasilkan polusi. Lampu PJUTS menggunkaan LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang. (bangun banua)

Berita Terbaru

Berita Terpopuler