Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

TRC DPUPR Tambal Jembatan Sambaliung dan Jalan Bayanudin

Gambar

Rabu 8 mei 2019
 
WEBSITE DPUPR BERAU-

Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Berau kembali memperbaiki dengan menambal beberapa titik di jembatan Sambaliung  dan jalan Bayanuddin di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau pada Kamis-Jumat (2-3/5/2019) kemarin.

Kondisi jembatan Sambaliung memang mengalami kerusakan dengan beberapa lubang mengangga, yang tentunya cukup menganggu pengendara roda dua dan roda empat. Sehingganya TRC dengan gerak cepat menambal beberapa titik yang berlubang. Didukung dengan peralatan kerja, material  butas  (aspal dingin) dan kendaraan angkut. Tampak saat  ini jembatan Sambaliung yang merupakan akses satu satunya  menuju kecamatan Sambaliung sudah lumayan mulus, tanpa lubang lubang mengangga.

Disebutkan Hendry Rukma, Kasi Perencanaann Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR, bahwa pekerjaan ini memang merupakan hasil dari tim investigasi lapangan yang meneliti di wilayah titik mana yang mengalami kerusakan.

Usai mengerjakan menambal jembatan Sambaliung, TRC keesokan harinya meluncur ke arah jalan Bayanuddin. Dijalan ini ada beberapa titik yang mengalami kerusakan, dan kembali tim TRC sekitar 7 orang menambal jalan tersebut.

Jumlah personal TRC ada 15 orang, disebutkan Hendry tidak semua tenaga dikerahkan, dilihat dari jumlah titik kerusakannya.

Tim Reaksi Cepat (TCRC) merupakan gagasan Bupati Berau Muharram bersama  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Berau tahun 2017 lalu, melalui proyek percepatan preservasi infrastruktur jalan di Kabupaten Berau.

Disebutkan sekretaris DPUPR  Nanang Bakran pembentukan TRC merupakan kolaborasi  seluruh pihak terkait, khususnya jajaran DPUPR. Yang mana pada tahun 2017 dialokasikan dana Rp 1,75 milliar, tahun 2018  dialokasikan anggaran Rp3,8 milliar, dan tahun 2019 sekitar Rp 3 milliar.

Sangat diperlukan keseriusan dan dukungan penuh program pembangunan Bupati Berau. Keberadaan TRC sangat penting, untuk memperbaiki titik titik kerusakan jalan.

Tidak hanya jalan rusak, namun jika penanganan longsor dan jembatan darurat serta pertimbangan tekhnis lainya. Semuanya menuntut keberadaan TRC dalam mengatasi persoalan di lapangan yang berhubungan dengan kepentingan warga.

 Penetapan TRC dalam upaya percepatan preservasi infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Berau sesuai surat keputusan bupati Berau, dilengkapi standar operasional prosedur (SOP). (Bangun Banua)