Banner

Detail Berita

HOME / Detail Berita

Pelayanan UPTD Laboratorium Material DPUPR

Gambar

  • Pelayanan UPTD Laboratorium Material DPUPR


WEBSITE DPUPR BERAU–

  • Sebagai bentuk meningkatkan inovasi dalam upaya memberikan peningkatan kinerja pelayanan baik kepada mitra kerja ataupun masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau memiliki salah satu Sistem Informasi Pelayanan Laboratorium yang berada bersebalahan dengan Pelayanan Pengelolaan Alat Berat di belakang kantor DPUPR jalan Gatot Subroto Tanjung Redeb.


UPTD Laboratorium Material ini terdiri atas 3 bagian yakni Lab Beton, Lab Tanah, dan Lab Aspal, yang ketiganya terbagi ke dalam bidang masing-masing saat melakukan pengujian, kemudian selanjutnya akan menentukan kualitas suatu pekerjaan.

“Penentuan kualitas suatu pekerjaan itu memang tugasnya laboratorium, apakah ini layak dan sesuai dengan kualitas yang diinginkan atau belum, nah dari situlah kita mengetahuinya,” ungkap Kepala UPTD Laboratorium Material Ammar Fanani (15/05/2018).

Tak sampai situ, dalam penentuan kualitas juga terbagi lagi menjadi uji workshop dan uji lapangan di lokasi proyek. Prosesnya pun, para UPTD Laboratorium DPUPR akan menguji sampel untuk dijadikan acuan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk melakukan pengerjaan di lokasi yang telah diambil sampel dari salah satu unsur (Beton, Tanah, Aspal-red).

“ini kita lakukan untuk memastikan apakah nantinya proyek yang dikerjaan sesuai dengan spesifikasi teknis yang ada,” lanjut Ammar.

Laboratorium PU tidak hanya melayani pekerjaan DPUPR saja, melainkan, dapat digunakan bagi para OPD, Swasta ataupun Masyarakat. Selain itu basis layanan pun tak hanya bertumpu di daerah Kabupaten Berau melainkan bersifat fleksibel.

“Tahun lalu kita ada melayani dari luar daerah Berau diantaranya ada dari Bulungan, Kutim, bahkan yang terjauh ada dari daerah jawa, selagi itu berkaitan dengan infrastruktur pasti kita layani, baik itu dalam lingkup pemerintah ataupun swasta,” paparnya.

Untuk diketahui, Laboratorium PU ke depan juga akan melakukan pengujian pada Air sembari menunggu pembangunan gedung Lab dan alat pengujiannya selesaI. Dengan ini pengujian DPUPR dapat terlengkapi dan tertata dengan baik yang tak lain adalah untuk terus meningkatkan pelayanan.(bangun banua)